Latihan Manasik Haji

Spread the love

Sebelum melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci Makkah, ada satu kegiatan yang penting untuk dilakukan sebagai pebekalan. Apa itu ? Adalah manasik umroh atau yang bisa diartikan sebagai pembekalan tata cara umroh yang benar dengan melaksanakan rangkaian ibadah yang harus dilakukan ketika beribadah umroh nantinya. Manasik umroh adalah hal penting untuk dilakukan. Mengingat bahwa memang ibadah umroh punya bannyak kemuliaan. Sehingga, agar kemuliaan dari ibadah umroh bisa didapatkan, maka persiapan terbaik juga perlu dilakukan yang salah satunya adalah latihan umroh alias manasik umroh ini yang sesuai dengan yang telah disunnahkan. Dengan manasik umroh, calon jamaah akan mengetahui hal apa yang diwajibkan untuk dilaksanakan, apa yang disunnahkan dan apa yang tidak boleh dikerjakan selama beribadah umroh. Oleh sebab itulah mengapa manasik umroh penting untuk diikuti oleh para calon jamaah.

Ketika melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci, para jamaah akan dibimbing untuk lebih paham apa saja rukun umroh, apa syarat wajib umroh, dan pengetahuan maupun ilmu lainnya tentang umroh. Pada intinya rukun umroh merupakan kegiatan ibadah umroh yang wajib serta harus dilaksanakan. Jika salah satu dari rukun umroh tidak dilaksanakan, maka umroh dianggap tidak sah. Rukun umroh yang tidak dilaksanakan pun tidak bisa diganti dengan denda, sehingga harus melaksanakan kembali rukun tersebut. Rukun umroh antara lainnya adalah Ihram (niat), thawaf, sa’i, tahallul atau beercukur dan dikerjakan dengan tertib.

Selain rukun umroh, dalam manasik umroh anda juga akan dibimbing untuk memahami sekaligus mempraktekkan wajib umroh. Wajib umroh adalah rangkaian kegiatan yang dikerjakan ketika ibadah umroh dan apabila salah satu wajib umroh tidak dilaksanakan maka dapat diganti dengan membayar denda atau dam agar ibadah umroh dapat sah. Wajib umroh antara lainnya adalah niat dari Miqat, menggunakan pakaian ihram, serta tidak melanggar apa yang menjadi larangan ihram.

Manasik umroh diselenggarakan oleh biro perjalanan umroh seperti Abu Tours. Sehingga anda juga penting untuk memilih biro perjalanan umroh yang terbaik, yang sudah terdaftar dalam Kemenag. Abu Tours dapat menjadi pilihan terbaik untuk anda. Abu Tours menyediakan banyak layanan dan fasilitas terbaik untuk menunjang nyamanya perjalanan ibadah umroh anda sejak berangkat dari Indonesia hingga selama di Tanah Suci.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *