DEKLARASI RINTISAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA)

Spread the love

Sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan melakukan deklarasi rintisan sekolah ramah anak (21/2/2022). Konsep sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satunya adalah berpartisipasi sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial, serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

Prinsip Sekolah Ramah Anak

Tiap sekolah hendaknya mencipatakan Sekolah Ramah Anak (SRA) sesuai standar yang telah ditetapkan. Berikut beberapa standarnya:

  1. Tiap anak bisa mendapat haknya tanpa perlakukan diskriminasi
  2. Tiap anak bebas mengeluarkan pendapat, ide, gagasan, dan penemuan di berbagai bidang
  3. Metode pembelajarannya harus dibuat senyaman dan sebaik mungkin demi mendukung karakter siswa
  4. Lingkungan sekolah yang bersih, aman, dan nyaman
  5. Adanya transparasi, akuntabilitas, keterbukaan informasi serta penegakan hukum yang jelas
  6. Adanya kerja sama antara tenaga kependidikan dengan murid dan orang tua
  7. Sekolah harus bisa membuat program kerja yang sifatnya mendukung pengembangan karakter siswa ke arah yang lebih baik
  8. Hendaknya pengambilan keputusan dan tindakan oleh tenaga kependidikan dilakukan dengan mempertimbangkan siswa, dan menjamin agar hak siswa tetap dilindungi

Anak adalah cikal bakal generasi penerus bangsa. Keberhasilan dalam mendidik anak menjadi indikator keberhasilah di masa mendatang. Sebagaimana Bapak Ibu ketahui, Sebagian besar anak menghabiskan waktu belajarnya di sekolah.

Melalui program sekolah ramah anak, sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan mendeklarasikan sekolah rintisan ramah anak. Kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk putra-putri terbaik generasi penerus bangsa.

Maka tidak perlu ragu lagi untuk menyekolahkan putra-putri Bapak/Ibu untuk masuk ke sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan sebagai sekolah unggulan dan terbaik dalam meningkatkan mutu Pendidikan anak

 

#sekolahterbaik #sekolahmutu #sekolahramahanak #sekolahimpian

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *