Student Experience, SMP Muhammadiyah Banguntapan Goes to Pacitan

Spread the love

Student Experience merupakan salah satu kegiatan siswa di luar sekolah untuk menambah pengetahuan dan pengalaman sekaligus dapat mensyukuri alam anugerah Allah SWT. Tahun ini Sekolah SMP Muhammadiyah Banguntapan melakukan Student Experience di Pacitan, Jawa Timur pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Kegiatan student experience ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII dan IX beserta guru pendamping yang terbagi dalam empat armada bus. Dengan penuh semangat, siswa begitu antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan student experience ini yang terlihat dari raut wajah mereka. Tujuan student experience kita tahun ini menuju tiga lokasi, yaitu Goa Tabuhan, Goa Gong, dan Pantai Klayar.

1. GOA TABUHAN

Setelah menempuh perjalanan jauh Jogja-Pacitan dengan tanpa ada kendala apapun, para siswa merasa senang karena akhirnya telah tiba di lokasi tujuan yang pertama. Pertama kali kita masuk ke lokasi Goa Tabuhan, lokasi goa tidak terlalu jauh dari tempat parkir bus dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. 

Menurut cerita masyarakat, Goa Tabuhan ditemukan oleh Kyai Santiko yang kehilangan lembu dan menemukan Goa tersebut. Penamaan Goa Tabuhan ini dikarenakan bebatuan yang menjulur dari atas dan bawah (stalaktit dan stalakmit) dapat dijadikan sebagai alat musik gamelan.

Di lokasi ini kita tidak bisa berlama-lama dan langsung menuju ke tempat makan untuk makan siang dan setelah itu melakukan shalat duhur dan ashar bersamaan (jamak qashar). Dalam hal ini kita melatih anak dalam bab ibadah supaya tidak lupa dalam kondisi apapun tentunya. Selanjutnya kita menuju ke tujuan yang kedua, yakni Goa Gong.

2. GOA GONG

Goa Gong terletak 37 km dari Pusat Kota Pacitan, dapat dicapai dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Goa dengan stalaktit dan stalagmitnya yang dinominasikan sebagai goa terindah di Asia Tenggara ini mampu memukau setiap wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Setelah bus parkir dengan sempurna, seluruh siswa keluar menuju pintu masuk Goa Gong. Pemandangannya indah dan jauh lebih menarik tinimbang Goa Tabuhan, semakin kita masuk ke dalam semakin kita dibuat takjub dan kagum dengan seisi ruangan goa yang menjulang tinggi dari atas hingga bawah.

Selain keindahan stalagtit dan stalagmitnya Goa Gong memiliki empat sendang yang dinilai magis bagi siapa saja yang mempercayainya.

3. PANTAI KLAYAR

Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah tepatnya yaitu berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan sekitar 40 km ke arah barat dari Kota Pacitan.

Dalam kesempatan ini para siswa tidak banyak bermain di bibir pantai karena kondisi air laut selatan sedang tinggi ombaknya. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para siswa untuk bermain, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan mereka seperti bermain pasir pantai yang putih, berkendara (sewa) motor ATV, atau duduk santai menikmati semilir angin pantai ditemani air kelapa muda nan segar.

Melalui kegiatan student experience ini siswa dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, serta dapat mensyukuri alam anugerah Allah SWT. Jadi, bagi anda yang belum bisa mensyukuri alam semesta anugerah Tuhan bisa belajar bersama kami di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Nikmatilah kebersamaan bersama teman-teman baru dan keluarga besar SMP Muhammadiyah Banguntapan lewat program student experience ini di tahun yang akan datang.

Lets join with us! klik di sini: https/s.id/ppdbspemuba/

[Anggi Supriyadi / @smpmoeba]

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *